Pekan Krusial Bagi IHSG... Simak Kinerja Reksa Dana Sepekan Lalu

22 Jul 2024

Updates

Pekan Krusial Bagi IHSG... Simak Kinerja Reksa Dana Sepekan Lalu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara mingguan bergerak melemah sebesar -0.45% dan ditutup di level 7,294 pada perdagangan hari Jumat (19/07). Sektor yang mengalami pelemahan seperti: sektor basic materials -1.58%, infrastruktur -1.16% dan sektor properti -0.60%.

Investor Asing mencatatkan beli bersih (net buy) Rp 744 miliar. Bank Indonesia mencatat aliran modal asing masuk ke Indonesia senilai Rp690 miliar pada minggu ketiga Juli 2024. Ini terjadi setelah nonresiden melakukan pembelian bersih sebesar jumlah yang sama di pasar keuangan domestik dalam periode 15-18 Juli 2024. Pada minggu sebelumnya, yaitu minggu kedua Juli 2024, aliran modal asing masuk mencapai Rp5,59 triliun ke Indonesia.

Wall Street bergerak melemah pada perdagangan hari Jumat (19/07). Dow Jones melemah -0.93%, S&P 500 melemah -0.71%, dan Nasdaq melemah -0.81%.

Joe Biden mengundurkan diri dari US election, sehingga beberapa hedge fund bertaruh pada Treasury Yields atau yang lebih dikenal dengan Trump Trade. Hal ini diakibatkan oleh kebijakan trump yang akan memotong income taxes dan menaikkan tarif barang impor sehingga berpotensi menaikkan inflasi. 

Kinerja reksadana secara mingguan bergerak positif, Reksa Dana Saham menguat sebesar +0.08%, Reksa Dana Campuran menguat +0.08%, Reksa Dana Pasar Uang terapresiasi +0.1% dan Reksa Dana Pendapatan Tetap menguat +0.09%.

Saat ini inflow dari investor asing terhadap saham big caps masih terbatas, dimana hanya TLKM, BMRI, dan BBCA yang mendapatkan inflow. Terdapat perubahan inflow baik dari investor asing maupun domestik menuju saham komoditas terutama batu bara, secara keseluruhan kinerja big caps dan reksa dana saham masih positif.

Sejak mundurnya Joe Biden, dan serangan Israel ke Yemen meningkatkan uncertainty yang semakin banyak sehingga pasar diperkirakan akan bergerak sangat volatile dalam seminggu kedepan. Kedepannya reksa dana pasar uang dan reksa dana pendapatan tetap berbasis corporate bonds masih menjadi pilihan utama. 


#InvesNowCuanLater  #BigDreamStartNow

floating-whatsapp

Siap untuk menumbuhkan
uang di masa depan?

Perjalanan Investasimu Dimulai Sekarang

logo
ojk
ojk

Newsletter

Segarkan wawasan investasi Anda setiap harinya
dengan berita-berita financial dari newsletter kami.

© 2024 PT Invesnow Principal Optima