Siap siap Pekan ini Banyak Data Yang Akan Keluar, Pasar Masih Bergejolak

20 Jun 2022

Updates

Siap siap Pekan ini Banyak Data Yang Akan Keluar, Pasar Masih Bergejolak

Dolar AS kembali membuat rupiah merana. Jumat kemarin sempat menguat tajam dan membuat Rupiah mengalami penekanan dan tak berdaya 1,86 % dalam sepekan membawa berada di level terendahnya sejak Juni 2020. Terlepas dari itu, BI selalu memantau dan menjaga mekanisme pasar berjalan dengan baik. Sentimen pasar yang melemah membuat mata uang asia terutama menjadi babak belur. 


Harga SBN ditutup menguat dimana investor masih mengevaluas kebijakan The Fed.  Jumat lalu, IHSG melemah 1,61% membuat pekan ini ditutup minus.


Berdasarkan data B20 Indonesia WiBAC (Woman in Business Action Council), apabila perempuan dan laki-laki berpartisipasi secara seimbang menjadi pengusaha kemungkinan PDB global akan tumbuh 3-6%, dan menambah 2,5-5 triliun pada perekonomian global. Pekan ini BI akan mengadakan Rapat Dewan Gubernur dampak dari keputusan The Fed. 


Harga gas semakin melonjak, pasalnya situasi di Rusia dan di Gulf Cost. Tidak hanya gas alam, harga batubara juga kian menjulang. Pada Jumat lalu, harga batu bara menguat 3,57%. Kenaikan harga pada keduanya dikarenakan tingginya harga gas alam cair dan permintaan batu bara dan gas yang masih besar. Data sektor perumahan AS pada bulan Mei dilaporkan mengalami penurunan pembangunan hingga 14,4% dimana saat ini di AS sedang terjadi kelangkaan rumah. Dari sektor manufaktur juga mengalami gejolak, pengajuan klaim tunjangan pengangguran mingguan juga ternyata lebih tinggi dari perkiraan. 


Ketua The Fed mengatakan tidak banyak yang bisa dilakukan saat ini selain menaikan suku bunga sampai harga energi dan inflasi turun. Bank of England juga turut serta ambil bagian dalam kenaikan suku bunga, menariknya BoE mengatakan inflasi diprediksi bisa mencapai 11% bahkan walaupun setelah suku bunga dinaikan.


Pekan ini beberapa data yang cukup signifikan  akan keluar, pasar harus waspada. 


Download selengkapnya Daily Update dan Kinerja Reksa Dana di sini

floating-whatsapp

Siap untuk menumbuhkan
uang di masa depan?

Perjalanan Investasimu Dimulai Sekarang

logo ojk

Newsletter

Segarkan wawasan investasi Anda setiap harinya
dengan berita-berita financial dari newsletter kami.

© 2022 PT Invesnow Principal Optima