Semakin Yakin Suku Bunga Turun, Intip Kinerja Reksa Dana Terbaik Selama Sepekan Lalu

2 Sep 2024

Updates

Semakin Yakin Suku Bunga Turun, Intip Kinerja Reksa Dana Terbaik Selama Sepekan Lalu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara mingguan bergerak menguat sebesar +1.68% dan ditutup di level 7,670 pada perdagangan hari Jumat (30/08). Sektor yang mengalami penguatan seperti: energi +2.72%, infrastruktur +2.39% dan sektor properti +5.71%.

Pada minggu keempat Agustus 2024, Bank Indonesia mencatat aliran modal asing masuk sebesar Rp6,21 triliun, meliputi pasar SBN, saham, dan SRBI. Selain itu, premi risiko investasi Indonesia atau CDS 5 tahun turun menjadi 65,87 bps pada 30 Agustus, dari 66,86 bps pada 23 Agustus.

Wall Street bergerak menguat pada perdagangan hari Jumat (30/08). Dow Jones menguat +0.55%, S&P 500 menguat +1.01%, dan Nasdaq menguat +1.13%.

Minggu ini akan rilis beberapa data penting seperti: manufacturing PMI, job openings, service PMI, NFP, dan unemployment rate. Pasar diperkirakan akan kembali bergerak volatile, dan investor akan wait and see

Kinerja reksadana secara mingguan mayoritas bergerak menguat, Reksa Dana Saham menguat sebesar +0.65%, Reksa Dana Campuran menguat +0.21%, Reksa Dana Pasar Uang terapresiasi +0.10% dan Reksa Dana Pendapatan Tetap juga menguat +0.14%.

Kenaikan IHSG kembali didukung oleh aksi pembelian dari investor asing, dimana investor asing di pasar reguler mencatatkan net buy sebesar Rp 2 triliun.  Net buy dari investor asing masih terfokus pada saham big caps seperti BMRI, BBRI, ASII, TLKM, dan BBCA.

Meskipun demikian flow dari investor asing dan domestik masih terfokus pada saham yang masuk pada rebalancing MSCI terutama sektor konstruksi. Kenaikan sektor konstruksi tidak mempengaruhi kenaikan reksa dana saham karena tidak termasuk dalam top holding mayoritas reksa dana saham.

Kita perkirakan minggu ini pasar IHSG akan mengalami pullback, mengingat secara teknikal IHSG sudah memasuki fase overbought. Selama IHSG dapat bertahan diatas 7457, penurunan IHSG masih dianggap normal dan dapat menjadi opportunity bagi investor untuk masuk ke reksa dana saham dan reksa dana campuran. 


#InvesNowCuanLater  #BigDreamStartNow

floating-whatsapp

Siap untuk menumbuhkan
uang di masa depan?

Perjalanan Investasimu Dimulai Sekarang

logo
ojk
ojk

Newsletter

Segarkan wawasan investasi Anda setiap harinya
dengan berita-berita financial dari newsletter kami.

© 2024 PT Invesnow Principal Optima