Outflow Dana Asing Ternyata Ada Untungnya, Ada Apa Dengan Jerman?

10 Agu 2022

Updates

Outflow Dana Asing Ternyata Ada Untungnya, Ada Apa Dengan Jerman?

Domestik


Dari dalam negeri Menteri ESDM menyatakan bahwa PLN dan beberapa negara lain terancam mengalami krisis batubara. Pasalnya harga batu bara kian menanjak mencapai 349.5 USD/ton dan stock batubara yang semakin menurun. 


Mayoritas investor masih ramai memburu SBN pada hari ini, ditandai dengan turunnya imbal hasil (yield). Hanya SBN tenor 10, 15, dan 25 tahun yang cenderung dilepas oleh investor, ditandai dengan naiknya yield.


Keluarnya dana asing dari SBN sangat menguntungkan sistem keuangan domestik. SBN menjadi lebih stabil karena dikendalikan oleh kita sendiri. Menurut Ketua Dewan Komisioner LPS, kondisi perekonomian RI sudah tidak bergantung pada pergerakan asing. Utang Indonesia kembali ke Rp 7.123,6 triliun. Utang tersebut adalah utang produktif sehingga dapat terbayarkan. 


Menparekraf, Sandiaga Uno menyebutkan ekonomi digital mampu mengantisipasi perubahan perilaku wisatawan imbas pandemi. Ditargetkan langkah ini mampu mendorong kontribusi sektor Parekraf hingga 16% dari PDB pada tahun 2030.


Internasional


Efek perang Rusia vs Ukraina sangat terasa pada negara Jerman. Ekonomi Jerman kemungkinan akan mengalami kontraksi yang cukup serius mencapai Rp 4 ribu triliun. Hal ini karena krisis energi di negara tersebut dan Rusia memberikan sanksi yang cukup mengerikan kepada Jerman. 


Jelang keluarnya data inflasi AS bulan lalu yang rencananya akan keluar pada hari ini membuat banyak emiten terkena imbasnya atau terkoreksi. 


Hubungan AS dan China saat ini sedang memanas. Bukan untuk yang pertama kali namun keduanya sama-sama negara yang punya peranan penting bagi Indonesia. Sampai saat ini keduanya masih mempunyai tensi menegang dengan kegiatan ekspor impor dan sama sama ingin menguasai.


Download selengkapnya Daily Update dan Kinerja Reksa Dana di sini

floating-whatsapp

Alamat Baru Invesnow

Sequis Tower Lt. 18 Unit 2A, 3, dan 5A
Jl. Jend. Sudirman No. 71
Kel. Senayan, Kec. Kebayoran Baru
Jakarta 12190
telp: 021 - 50924098

Siap untuk menumbuhkan
uang di masa depan?

Perjalanan Investasimu Dimulai Sekarang

logo
ojk
ojk

Newsletter

Segarkan wawasan investasi Anda setiap harinya
dengan berita-berita financial dari newsletter kami.

© 2024 PT Invesnow Principal Optima