Kapitalisasi Pasar Saham RI Naik 18.4%, IKK AS Melemah 4.5 Poin

30 Jun 2022

Updates

Kapitalisasi Pasar Saham RI Naik 18.4%, IKK AS Melemah 4.5 Poin

Domestik


Seakan bangkit dari keterpurukan pasar modal Indonesia mulai pulih dan berangsur membaik. Total nilai kapitalisasi pasar saham pada akhir tahun 2021 tercatat sebesar Rp 8.255,62 triliun atau mengalami kenaikan sebesar 18.4% (yoy). Kinerja IHSG mencapai posisi 6.581,5 atau naik 10.1% (yoy) pada akhir tahun 2021. 


Mayoritas investor melepas SBN pada hari ini, ditandai dengan naiknya yield. Hanya SBN tenor 5, 10 dan 25 tahun yang ramai diburu oleh investor, ditandai dengan penurunan yield dan penguatan harga.


Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19, total kasus konfirmasi harian mencapai 1.445 kasus baru, di mana total kasus aktif sebanyak 14.315. Pemerintah menghimbau masyarakat tetap waspada walaupun varian ini gejalanya seperti flu ringan. 


Internasional


Perang Rusia Ukraina sudah memasuki hari ke 126 dan masih belum ada yang menyerah. Adanya ancaman perang dunia ke 3 yang diberikan Rusia ke NATO membuat Ukraina dipaksa harus menyerah. Tetapi justru sebaliknya banyak kondisi dimana NATO dan Ukraina mulai bergerak untuk melawan Kremlin. Beberapa kejadian memperlihatkan seperti Turki yang sangat menentang adanya Swedia dan Finlandia masuk ke NATO sekarang sudah menerima. Selain itu negara G7 bersepakat untuk mendukung Ukraina dan memiskin Rusia. 


Perdana Menteri Italia Mario Draghi mengatakan bahwa Ketua G20, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), telah "mengesampingkan" kehadiran Presiden Rusia Vladimir Putin di KTT tersebut November di Bali.


Dari AS, Presiden The Fed Cleveland Loretta Mester mengatakan akan mendorong kenaikan suku bunga sebesar 75 basis poin pada pertemuan bank sentral pada Juli jika kondisi ekonomi masih sama di masa mendatang.


Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Amerika Serikat (AS) turun 4.5 poin pada Juni 2022 menjadi 98.7. Artinya ekonomi AS dipandang pesimis. Indeks turun ke level terendah sejak Februari 2021. Hal ini membuat harga nikel amblas karena AS adalah salah satu konsumen nikel terbesar di dunia. 


Download selengkapnya Daily Update dan Kinerja Reksa Dana di sini


floating-whatsapp

Siap untuk menumbuhkan
uang di masa depan?

Perjalanan Investasimu Dimulai Sekarang

logo ojk

Newsletter

Segarkan wawasan investasi Anda setiap harinya
dengan berita-berita financial dari newsletter kami.

© 2022 PT Invesnow Principal Optima