Investor wait and see, Menunggu Hasil Laporan Keuangan

19 Jul 2024

Updates

Investor wait and see, Menunggu Hasil Laporan Keuangan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara harian bergerak menguat sebesar +1.34% dan ditutup di level 7,321 pada perdagangan hari Kamis (18/07). Sektor yang mengalami penguatan seperti: sektor energy +1.70%, infrastruktur +1.15% dan sektor financials +0.88%.

Investor Asing mencatatkan beli bersih (net buy) Rp 1,16 triliun. Dilansir dari infobank, Direktur Celios, Nailul Huda, mengatakan penunjukan Thomas Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan II, keponakan Prabowo, bisa membuat investor menahan investasi untuk melihat siapa Menteri Keuangan berikutnya. Hadirnya Thomas juga memperkecil kesempatan Sri Mulyani Indrawati menjadi Menteri Keuangan, yang dapat memicu kekhawatiran investor terhadap pengelolaan keuangan negara ke depan.

Wall Street bergerak melemah pada perdagangan hari Kamis (18/07). Dow Jones melemah -1.29%, S&P 500 melemah -0.78%, dan Nasdaq melemah -0.70%.

Wall Street kembali menghadapi tekanan dari investor yang melakukan aksi taking profit menjelang rilis laporan keuangan Q2. Beberapa investor menilai beberapa saham yang memiliki kapitalisasi pasar besar sudah terlalu mahal secara valuasi. 

Kinerja reksadana secara harian bergerak positif, Reksa Dana Saham menguat sebesar +1.00%, Reksa Dana Campuran menguat +0.44%, Reksa Dana Pasar Uang terapresiasi +0.02% dan Reksa Dana Pendapatan Tetap menguat +0.02%.

Penguatan IHSG didukung oleh aksi beli investor asing, dimana investor asing mencatatkan net buy sebesar 401 miliar pada saham BBRI, 337 miliar pada saham BMRI, dan pada saham BBCA sebesar 329 miliar.  Saat ini investor akan wait and see terlebih dahulu sambil menunggu hasil laporan keuangan Q2 yang diproyeksikan akan dirilis pada bulan ini.

Hasil laporan keuangan Q2 akan menjadi penggerak market selama beberapa minggu kedepan, beberapa konsensus mencatatkan kinerja positif pada beberapa saham big caps. Jika laporan keuangan Q2 memberikan hasil yang positif, maka IHSG diproyeksikan akan kembali menguat. 


#InvesNowCuanLater  #BigDreamStartNow

floating-whatsapp

Siap untuk menumbuhkan
uang di masa depan?

Perjalanan Investasimu Dimulai Sekarang

logo
ojk
ojk

Newsletter

Segarkan wawasan investasi Anda setiap harinya
dengan berita-berita financial dari newsletter kami.

© 2024 PT Invesnow Principal Optima