IHSG Semakin Menjauhi Level Psikologis, Daya Beli Masyarakat Masih Kuat

11 Nov 2022

Updates

IHSG Semakin Menjauhi Level Psikologis, Daya Beli Masyarakat Masih Kuat

Domestik

Bank Indonesia (BI) melaporkan angka penjualan ritel per September 2022 menjadi 4.56% secara tahunan (year-on-year/yoy). Hal ini menandakan masih kuatnya penjualan eceran didukung oleh peningkatan penjualan kelompok makanan, Minuman, dan Tembakau serta perbaikan pada kelompok Perlengkapan Rumah Tangga.

Selain itu diprediksi tekanan inflasi RI akan semakin meningkat apda Desember 2022- Maret 2023, Hal ini karenakan kenaikan harga bahan baku serta kenaikan permintaan karena akan menghadapi Natal.

Mayoritas investor kembali mengoleksi SBN pada hari ini, ditandai dengan turunnya imbal hasil (yield) di hampir seluruh SBN acuan. Hanya SBN tenor 5 tahun yang cenderung dilepas oleh investor ditandai dengan naiknya yield.

Indeks bursa saham acuan Tanah Air ditutup ambruk 1.46% ke level 6.966,83 pada penutupan perdagangan hari ini. IHSG lagi-lagi keluar dari zona psikologis 7.000. Nilai transaksi IHSG pada hari ini sudah mencapai sekitar Rp 12.8 triliun.

Internasional

Dilansir dari CNBC International, yield Treasury berjangka pendek yakni tenor 2 tahun turun tipis 0.1 bp ke posisi 4.627%. Sedangkan yield Treasury benchmark tenor 10 tahun melandai 3 bp menjadi 4.112%.

Saat ini mata investor tertuju pada jelang pengumuman inflasi AS yang diprediksi melandai ke angka 8%.

Investor cenderung masih khawatir bahwa laporan inflasi nantinya justru akan memberikan sinyal lebih lanjut tentang seberapa jauh bank sentral AS (Federal Reserve/The Fed) menjaga agresivitas menaikkan suku bunga untuk menurunkan inflasi.

Selain itu, pasar terus mengamati perkembangan seputar pemilihan paruh waktu Kongres AS, karena masih belum jelas partai mana yang akan mengendalikan Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS. Lagi-lagi hal ini lah yang akan berpengaruh pada keputusan seputar kebijakan moneter dan pengeluaran kedepannya.

Download selengkapnya Daily Update dan Kinerja Reksa Dana di sini

floating-whatsapp

Alamat Baru Invesnow

Sequis Tower Lt. 18 Unit 2A, 3, dan 5A
Jl. Jend. Sudirman No. 71
Kel. Senayan, Kec. Kebayoran Baru
Jakarta 12190
telp: 021 - 50924098

Siap untuk menumbuhkan
uang di masa depan?

Perjalanan Investasimu Dimulai Sekarang

logo
ojk
ojk

Newsletter

Segarkan wawasan investasi Anda setiap harinya
dengan berita-berita financial dari newsletter kami.

© 2024 PT Invesnow Principal Optima