Harga Batubara Kembali Melandai, Semoga Rupiah Menguat

7 Nov 2022

Updates

Harga Batubara Kembali Melandai, Semoga Rupiah Menguat

Domestik

Setelah mengalami pelemahan 5 hari berturut-turut, rupiah akan mendapatkan booster pada awal minggu ini. Hari ini BPS akan mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. BI meyakini pertumbuhan ekonomi kuartal III-2022 akan lebih tinggi dari 5.5%. Kabar baik lainnya yang sudah lebih dulu datang adalah inflasi yang di bawah perkiraan pada Oktober 2022 yakni 5.7% year on year (yoy).

Selain itu, faktor pendorong penguatan rupiah juga datang dari yield surat berharga negara (SBN) yang semakin kompetitif dibandingkan dengan yield US Treasury. Kini yield SBN 10 tahun ada di sekitar 7.5%.

Keputusan pemerintah menaikkan harga cukai juga membuat saham emiten rokok ambrol. Seperti diketahui, pemerintah memutuskan untuk menaikkan tarif cukai hasil tembakau (CHT) untuk rokok sebesar 10% pada tahun 2023 dan 2024.

Pada perdagangan Jumat (4/11/2022), IHSG sebenarnya ditutup menguat 0.16% di 7.045,53. Total volume perdagangan kemarin ini menembus 20 miliar saham dengan total nilai transaksi Rp 12.1 triliun.

Internasional

Harga batubara dunia kembali melandai dikarenakan beberapa kondisi salah satunya dari China. Saat ini di China kembali diberlakukan lockdown di sekitar 200 kawasan permukiman yang tersebar di sejumlah kota seperti Wuhan hingga Kota Zhengzhou yang merupakan sentra produksi iPhone terbesar di dunia. Selain itu melemahnya harga gas juga membuat pamor batubara yang tadinya primadona komoditi dunia. Dan di India pun impor batubara menurun. 

Harga minyak dunia menguat karena pasar menunggu berlalunya batas harga pada ekspor Rusia. Batasan harga minyak Rusia dimaksudkan untuk mengurangi pendapatan minyak Rusia sebagai tanggapan atas perang ke Ukraina. Pembatasan juga akan secara efektif memotong ekspor bahan bakar Rusia ke barat, yang diperkirakan akan sangat membatasi pasokan dalam beberapa bulan mendatang.

Download selengkapnya Daily Update dan Kinerja Reksa Dana di sini

floating-whatsapp

Siap untuk menumbuhkan
uang di masa depan?

Perjalanan Investasimu Dimulai Sekarang

logo
ojk
ojk

Newsletter

Segarkan wawasan investasi Anda setiap harinya
dengan berita-berita financial dari newsletter kami.

© 2024 PT Invesnow Principal Optima