Before Weekend, Yuk Simak Sentimen Penutup Pekan Ini!

05 Aug 2022

Updates

Before Weekend, Yuk Simak Sentimen Penutup Pekan Ini!

Domestik


IHSG pada perdagangan kemarin ditutup menguat 0.15% di 7.057,34. Dengan nilai transaksi terpantau di angka Rp 13 triliun. IHSG sudah menguat selama 4 hari beruntun dan pada akhirnya kembali menyentuh level di atas 7000. Kinerja IHSG yang positif sepekan terakhir dan masuknya aliran modal asing ke pasar saham dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal.


Harga obligasi pemerintah/SBN ditutup bervariasi pada perdagangan kemarin. SBN tenor 1, 3, 10 dan 20 tahun ramai diburu oleh investor ditandai dengan turunnya imbal hasil (yield) dan menguatnya harga. Sebaliknya, SBN tenor 5, 15, 25 dan 30 tahun cenderung dilepas oleh investor, ditandai dengan naiknya yield dan melemahnya harga.


Menteri Perdagangan menetapkan kebijakan baru terkait ekspor minyak sawit mentah (crude palm oil/ CPO). Yaitu, menaikkan rasio pengali hak eskpor atas pendistribusian minyak goreng di dalam negeri (domestic market obligation/DMO).


Internasional


Menegangkan, rudal balistik China yang diluncurkan saat latihan militer besar-besaran jatuh di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang untuk pertama kalinya. Saat ini Jepang telah mengajukan protes dengan China melalui saluran diplomatik. Akan ada masalah serius yang mempengaruhi keamanan nasional Negeri Sakura dan keselamatan warganya jika hal ini terus berlanjut. 


Saat ini pasar sedang menunggu data tenaga kerja non-pertanian (non-farm payrolls) di Juli yang akan dirilis pada hari ini. Laporan tersebut akan menunjukkan seberapa kuat pasar tenaga kerja AS. 


Pasar semakin optimis AS tak jadi resesi dengan ketambahan data Purchasing Managers' Index (PMI) di Juli yang pulih setelah sakit selama 3 bulan berturut-turut. Hal ini jg menjadi dasar bahwa AS tidak jadi resesi karena data pekerjaan baru meningkat dan angka pengangguran berada di level yang rendah.


Gelombang baru telah datang dimana infalsi tidak menjadi fokus utama saat ini melainkan polemik tekanan China VS Taiwan dan China VS AS. Bank sentral Inggris (Bank of England/BoE) kembali menaikkan suku bunga acuannya sebesar 50 bps menjadi 1.75% dan ini adalah yang tertinggi sejak 1995.


Download selengkapnya Daily Update dan Kinerja Reksa Dana di sini

floating-whatsapp

Siap untuk menumbuhkan
uang di masa depan?

Perjalanan Investasimu Dimulai Sekarang

logo ojk

Newsletter

Segarkan wawasan investasi Anda setiap harinya
dengan berita-berita financial dari newsletter kami.

© 2022 PT Invesnow Principal Optima