Investasi Reksa Dana Untuk Dana Pensiun? Ikuti Langkah Ini!

27 May 2022

Blogs

Investasi Reksa Dana Untuk Dana Pensiun? Ikuti Langkah Ini!

Bingung memikirkan kehidupan di hari tua? Yuk, mulai investasi Reksa Dana untuk dana pensiun dan masa depan yang lebih sejahtera bersama Invesnow!


Investasi Reksa Dana menjadi solusi terbaik untuk meningkatkan dan menjaga kestabilan finansial bagi kamu yang masih berada di usia. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan dana pensiun. Nantinya, dana inilah yang akan menjadi sumber keuangan ketika kamu tak lagi produktif dan bekerja. Tanpa mempersiapkan dana pensiun sejak dini, kamu akan kesulitan memenuhi kebutuhan di masa tua nanti.


Pada dasarnya, investasi Reksa Dana memiliki metode yang tak jauh berbeda dengan menabung. Setiap bulan kamu harus menyisihkan sebagian uang untuk dialokasikan ke pos investasi. Selain berguna untuk mempersiapkan hari tua, dana yang kamu investasikan tersebut akan menghasilkan keuntungan dengan nilai lebih baik dibandingkan menabung biasa. Secara tidak langsung, investasi Reksa Dana dapat meningkatkan nilai aset kamu secara keseluruhan.


Sekilas Tentang Investasi Reksa Dana Untuk Dana Pensiun


Reksa dana tercatat sebagai salah satu instrumen investasi yang menawarkan keuntungan menggiurkan. Apabila kamu memilih reksa dana, kamu tak perlu repot mengelola dana investasi. Pasalnya, seluruh dana yang terkumpul dari investor akan dikelola oleh seorang profesional, yakni manajer investasi. Kehadiran manajer investasi inilah yang menjadi salah satu kekuatan reksa dana untuk menarik minat calon investor.


Selain hal tersebut, masih ada sejumlah alasan lain mengapa reksa dana dianjurkan bagi kamu yang ingin mempersiapkan dana pensiun. 

  • Cocok untuk investor yang memiliki keterbatasan waktu karena seluruh pengelolaan dilakukan oleh manajer investasi.
  • Reksa dana memungkinkan pemodal kecil untuk berinvestasi. Cukup dengan uang seratus ribu, kamu bisa menghimpun dana pensiun untuk masa mendatang.
  • Dana yang kamu tanamkan akan dikelola dan ditempatkan ke sejumlah instrumen oleh manajer investasi. 
  • Pengelolaan dana milik investor terjamin keamanannya. Bahkan, kamu bisa mengecek laporan keuangan secara langsung melalui situs Manajemen Investasi.
  • Imbal hasil Reksa Dana tergolong tinggi sehingga mampu memberikan keuntungan jangka panjang.


Jenis Reksa Dana Untuk Pensiun

Untuk mewujudkan rencana dana pensiun dalam jangka panjang, tersedia beragam jenis portofolio Reksa Dana yang dapat kamu pilih. Adapun jenis investasi Reksa Dana untuk pensiun, antara lain:

  • Reksa Dana Pendapatan Tetap - dana yang kamu miliki akan diinvestasikan untuk deposito berjangka dan obligasi. Jenis Reksa Dana ini menawarkan imbal hasil yang lebih besar dibandingkan menabung biasa. Risikonya pun rendah sehingga cocok bagi kamu yang ingin mempersiapkan dana pensiun. 
  • Reksa Dana Saham - investasi ini mempunyai imbal hasil yang paling tinggi dengan risiko sama besarnya. Meskipun demikian, Reksa Dana Saham sangat diminati karena sangat cocok untuk persiapan biaya jangka panjang, seperti pendidikan kuliah anak dan dana pensiun. Pada Reksa Dana ini, manajer investasi akan menempatkan uang yang dimiliki investor ke sejumlah saham. 
  • Reksa Dana Campuran - sesuai namanya, investasi ini merupakan kombinasi antara obligasi, pasar uang, dan saham dengan persentase masing-masing tak lebih dari 79%. Reksa dana campuran bisa digunakan untuk kebutuhan keuangan jangka menengah, termasuk dana pensiun. Risiko Reksa Dana campuran relatif rendah, begitu juga dengan imbal hasilnya.


Cara Memulai Investasi Reksa Dana Untuk Pensiun

Sebelum memulai investasi, alangkah baiknya kamu menyusun rencana keuangan untuk dana pensiun secara cermat lebih dulu. 

  • Pada usia pensiun atau tidak lagi memiliki penghasilan tetap?
  • Tetapkan asumsi Angka Harapan Hidup (AHH).
  • Tentukan perkiraan dana yang dibutuhkan untuk sehari-hari
  • Tetapkan waktu untuk mempersiapkan dana tersebut, misalnya 10, 15, atau 20 tahun. 

Setelahnya, kamu bisa melakukan pendaftaran dan membeli Reksa Dana sesuai kebutuhan. Tersedia banyak platform yang menyediakan Reksa Dana dengan berbagai keunggulan. Salah satu yang direkomendasikan adalah Invesnow. Invesnow hadir untuk membantu kamu mewujudkan kehidupan finansial di masa tua yang lebih matang dan terencana.


Adapun keunggulan Invesnow yang perlu kamu ketahui, antara lain:

  • Untuk memulai investasi, kamu bisa langsung melakukan transaksi melalui website Invesnow tanpa harus mengunduh aplikasi lebih dulu. 
  • Kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp10.000. Apabila sudah merasa yakin, kamu bisa menambahkan dana tersebut sesuai kemampuan. 
  • Invesnow hadir untuk memudahkan kamu mengambil keputusan terkait produk Reksa Dana yang tersedia dengan menampilkan kategori dan data historis secara lengkap. 
  • Menawarkan 100+ produk Reksa Dana terdaftar dan telah terkurasi dengan ketat.
  • Invesnow memberikan kamu kenyamanan dengan menyediakan jenis investasi sesuai karakter profil risiko, yakni rendah, moderate, dan agresif. 
  • Demi kenyamanan dan keamanan bersama, Invesnow secara rutin melakukan penilaian atas kinerja manajer investasi dan Reksa Dana.
  • Didukung manajer investasi yang terverifikasi dan kompeten, Invesnow menjadi pilihan tepat bagi kamu untuk mempersiapkan masa depan. 
  • Mengantongi lisensi Agen Penjual Efek Reksadana (APERD) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak tahun 2017.

Demikianlah informasi mengenai Reksa Dana untuk pensiun yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum memulai investasi. Bagi kamu yang tertarik mengumpulkan aset untuk mempersiapkan hari tua, jangan ragu memilih Invesnow. Yuk, mulai investasi Reksa Dana di Invesnow sekarang!

floating-whatsapp

Siap untuk menumbuhkan
uang di masa depan?

Perjalanan Investasimu Dimulai Sekarang

logo ojk

Newsletter

Segarkan wawasan investasi Anda setiap harinya
dengan berita-berita financial dari newsletter kami.

© 2022 PT Invesnow Principal Optima