Mulai Dari Reshuffle , Kemesraan China - Rusia, dan Menunggu FOMC Mewarnai Sentimen Pekan Ini

16 Jun 2022

Updates

Mulai Dari Reshuffle , Kemesraan China - Rusia, dan Menunggu FOMC Mewarnai Sentimen Pekan Ini

Domestik


IHSG ditutup melemah 0,61% ke level 7.007,05 pada Rabu kemarin. IHSG berpotensi melemah pada perdagangan hari ini (Kamis) karena dibayangin keputusan The Fed. Asing juga mencatat net sell sebesar Rp 809,11 miliar di seluruh pasar.  Krisis pangan lantaran harga naik dan supply terbatas juga mempengaruhi IHSG . Krisis energi atau kenaikan bahan energi jugaturut menjadi katalis penggerak IHSG.

Kemarin, Jokowi melantik beberapa menteri baru. Selain itu Beliau juga menemui beberapa pimpinan partai politik membahas ancaman kris pangan dan energi serta dampaknya ke perekonomian Indonesia.  

Bank Indonesia melaporkan utang luar negeri per April 2022, berada di USD 409,5 miliar setara dengan Rp6.031,52 triliun. Sikap investor di pasar obligasi pemerintah RI pada hari ini cenderung beragam, di mana di SBN tenor 1, 10, 15, dan 25 tahun cenderung dilepas oleh investor ditandai dengan naiknya imbal hasil (yield) dan harganya yang melemah.


International


Bank Dunia dan IMF memprediksikan ada sekitar 60 negara yang perekonomiannya akan mengalami kejatuhan. Hal ini menjadi tantangan bagi negara berkembang termasuk negara kita dalam menyikapi normalisasi moneter AS yang dapat mengakibatkan tertekannya pasar keuangan dan capital outflow asing.

Kemesraan China dan Rusia semakin terasa. China dan Rusia sama-sama akan saling mendukung penbangunan global dan mengintensifkan strategi koordinatif keduanya. Uni Eropa mengincar gas alam Israel dan Mesir untuk mengurangi ketergantungan terhadap gas alam Rusia.  Katalis pasar saat ini masih menunggu FOMC The Fed dan kenaikan suku bunga The Fed.

Data China keluar dan diluar ekspektasi.  Industrial Production naik tipis 0,7% year-on-year (yoy) di bulan Mei, Penjualan ritel (retail sales) turun 6,7% yoy di bulan Mei 2022, lebih lambat dari ekspektasi penurunan 7,1% yoy. Pada bulan April, penjualan ritel anjlok 11,1% yoy.


Download selengkapnya Daily Update dan Kinerja Reksa Dana di sini

floating-whatsapp

Siap untuk menumbuhkan
uang di masa depan?

Perjalanan Investasimu Dimulai Sekarang

logo ojk

Newsletter

Segarkan wawasan investasi Anda setiap harinya
dengan berita-berita financial dari newsletter kami.

© 2022 PT Invesnow Principal Optima