Mengenal Reksa Dana Campuran

12 Jan 2022

Blogs

Mengenal Reksa Dana Campuran
Mau memulai investasi Reksa Dana, tapi bingung? Yuk, pahami Reksa Dana Campuran di sini dan gabung Invesnow untuk masa depan keuangan yang lebih baik!


Reksa Dana Campuran merupakan salah satu alternatif investasi yang diminati oleh masyarakat lantaran menawarkan risiko rendah dengan keuntungan menggiurkan. Jenis investasi ini sangat cocok bagi kamu yang baru terjun di dunia investasi, pemodal kecil, orang yang memiliki kesibukan tinggi, dan investor yang kurang memiliki keahlian menghitung risiko. Meskipun kurang begitu populer, Reksa Dana campuran menjadi pilihan paling ideal untuk investasi jangka menengah. 


Sekilas Tentang Reksa Dana Campuran

Reksa Dana Campuran merupakan investasi yang terdiri dari gabungan pasar uang (deposito), ekuitas (saham), dan surat utang (obligasi). Singkatnya, Reksa Dana Campuran harus mencakup saham dan obligasi dengan masing-masing alokasi tak lebih dari 79%. Mengingat Reksa Dana Campuran merupakan produk pasar modal, Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) tidak melakukan penjaminan layaknya produk perbankan. Meskipun demikian, pengelolaannya diatur dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Manfaat dan Keuntungan 

Lantaran terdiri dari sejumlah instrumen investasi, Reksa Dana Campuran memiliki fleksibilitas tinggi untuk berpindah instrumen sesuai kondisi pasar. Contohnya, ketika kondisi pasar saham kurang baik, optimalisasi Reksa Dana akan berpindah dari saham ke instrumen pasar uang atau obligasi. Hal ini dilakukan agar investor mendapatkan hasil yang optimal. Adapun keuntungan yang ditawarkan Reksa Dana Campuran, antara lain:

  • Investasi terjangkau, mulai dari Rp10.000.
  • Potensi keuntungan bersih tergolong tinggi. 
  • Dikelola oleh manajer investasi yang kompeten, profesional, dan berpengalaman di bidangnya sehingga risiko kerugian dapat ditekan semaksimal mungkin.
  • Tidak perlu melakukan analisis investasi serta administrasi sehingga lebih efisien waktu.
  • Penghasilan Reksa Dana termasuk kategori bukan objek pajak sehingga kamu akan menerima pengembalian penuh.
  • Bersifat likuid, bisa dicairkan pada hari bursa ketika dibutuhkan.
  • Transparansi terjaga karena perkembangan NAB serta data kepemilikan bisa dimonitor setiap saat.

Risiko 

Serupa dengan investasi lainnya, Reksa Dana Campuran mempunyai sejumlah risiko, antara lain:

  • Risiko penurunan nilai unit penyertaan yang disebabkan turunnya harga force majeur, efek portofolio, atau wanprestasi penerbit surat berharga.
  • Risiko politik, ekonomi negara, dan perubahan peraturan.
  • Risiko pembubaran dan likuiditas.
Jenis 

Kalau kamu tertarik mencoba investasi Reksa Dana Campuran, berikut jenis yang dapat kamu pilih. 

  • Defensif

Ketidakpastian bukanlah hal yang menyenangkan dalam investasi. Selain sering merasa cemas, kamu akan merasa kurang  nyaman mengeluarkan uang untuk berinvestasi. Namun, kehadiran Reksa Dana Campuran jenis defensif mampu membuat ketidakpastian tersebut hilang. Sesuai namanya, jenis Reksa Dana ini menawarkan keuntungan dan risiko yang pasti. Pasalnya, Reksa Dana defensif menempatkan sebagian besar investasinya di pasar uang dan obligasi dengan persentase 70%-79%. Sisanya dialihkan ke saham. Lantaran risikonya relatif rendah, keuntungan yang akan kamu dapatkan juga rendah. Namun, setidaknya ketika harganya turun kamu tidak mengalami kerugian yang berarti. 

  • Berimbang 

Reksa Dana Campuran berimbang mengalokasikan dana investasi dengan porsi sama rata atau seimbang. Reksa Dana ini cocok bagi kamu yang memiliki profil risiko di antara takut dan berani. Dibandingkan defensif, Reksa Dana berimbang memiliki imbal hasil yang lebih besar dan menguntungkan.

  • Dinamis 

Bisa dibilang jenis Reksa Dana ini unik karena manajer investasi dapat menyesuaikan persentase dana yang disalurkan sesuai kondisi pasar. Sebagai contoh, ketika situasi pasar sedang turun, dana yang dialokasikan ke saham akan dialihkan ke pasar uang. Alhasil, kamu bisa mendapatkan hasil maksimal. Namun, kamu harus bijaksana dalam memilih manajer investasi karena besar kecilnya keuntungan berada di tangannya. Apabila manajer investasi kurang kompeten dan memiliki pengetahuan minim tentang pengendalian risiko, tentunya keuntungan yang akan kamu dapatkan akan berkurang.

  • Agresif 

Kalau kamu termasuk investor yang menyukai tantangan dan berani mengambil risiko, Reksa Dana jenis agresif sangat direkomendasikan. Reksa Dana jenis ini akan memberi kamu keuntungan yang besar, sebanding dengan risikonya. Apabila kamu memilih reksadana campuran ini, 70% dana investasi akan dialokasikan ke saham. Makin besar dana yang kamu miliki, makin besar pula keuntungan yang akan kamu raih. Namun, kamu harus bijaksana dalam mengambil peluang dan memilih manajer investasi. Selain itu, siapkan mental baja karena harga saham tidak dapat diprediksi. Dalam waktu singkat, saham bisa saja meroket tinggi dan bisa juga terjun bebas. 

Demikianlah informasi singkat mengenai reksadana campuran yang bisa kamu jadikan sebagai referensi sebelum memutuskan investasi. Kalau kamu ingin memulai investasi Reksa Dana, jangan ragu memilih Invesnow. Invesnow hadir untuk membantu kamu memenuhi kebutuhan keuangan dengan menyediakan Reksa Dana pilihan terbaik. 

Invesnow juga menjalin bekerja sama dengan banyak manajer investasi kompeten dan terbaik di bidangnya. Kamu tak perlu cemas karena Invesnow selalu melakukan penilaian kinerja Reksa Dana Campuran dan manajer investasi secara berkala demi memberikan rasa aman pada investor. Nah, tunggu apa lagi? Yuk, daftar Invesnow sekarang dan raih masa depan keuangan yang lebih cerah!


floating-whatsapp

Siap untuk menumbuhkan
uang di masa depan?

Perjalanan Investasimu Dimulai Sekarang

logo ojk

Newsletter

Segarkan wawasan investasi Anda setiap harinya
dengan berita-berita financial dari newsletter kami.

© 2022 PT Invesnow Principal Optima