Indonesia Tetap Optimis Walau Sentimen Global Pekan ini Bikin Galau

26 Sep 2022

Updates

Indonesia Tetap Optimis Walau Sentimen Global Pekan ini Bikin Galau

Domestik


Banyak sentimen-sentimen negatif yang menjadi ancaman awan tebal untuk Indonesia. Namun menurut Menteri Keuangan kita, Ibu Sri Mulyani, Indonesia sudah meningkatkan kewaspadaan walaupun inflasi dalam negeri akan menjadi game changer untuk perekonomian indonesia.


Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan perbaikan ekonomi nasional terus berlanjut dengan semakin membaiknya permintaan domestik dan tetap positifnya kinerja ekspor. Tak hanya itu kenaikan pendapatan, tersedianya pembiayaan kredit, dan semakin kuatnya keyakinan konsumen, seiring dengan semakin meningkatnya mobilitas membuat Indonesia semakin jauh dari keterpurukan dan ini adalah signal positif bagi investor asing. 


Ada yang harus diwaspadai pasar Indonesia pekan depan, pasar finansial Indonesia berisiko babak belur. Sebabnya, pasar mulai cemas akan krisis mata uang yang terjadi di Eropa.


Internasional


Pasca Perang Rusia vs Ukraina selain energi Eropa juga dikhawatirkan akan krisis roti. Pasalnya distribusi gandum juga terganggu. Badan Statistik Uni Eropa (UE), Eurostat, mencatat bahwa harga roti di bulan Agustus 2022 18% lebih tinggi dibandingkan bulan yang sama pada tahun sebelumnya. Eurostat mengatakan harga roti Benua itu berada di level tertinggi.


Kabar heboh datang dari negeri China. Pemimpin negara ini Xi Jinping dikabarkan sedang dikudeta dan saat ini menjadi tahanan rumah. Xi Jinping telah dicopot sebagai kepala Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) dan telah ditempatkan di bawah tahanan rumah. Kudeta ini dilakukan oleh militer.


FOMC bersikeras untuk menurunkan inflasi mencapai 2% bagaimanapun caranya. 

Krisis mata uang terjadi di Eropa, salah satunya Inggris, Bank of England/BoE mengatakan perekonomian Inggris sudah mengalami resesi. nilai tukar poundsterling Inggris ambrol hingga 3.5% melawan dolar AS ke US$ 1.0856/GBP pada perdagangan Jumat pekan lalu. Level tersebut merupakan yang terlemah dalam 37 tahun terakhir.

Download selengkapnya Daily Update dan Kinerja Reksa Dana di sini

floating-whatsapp

Siap untuk menumbuhkan
uang di masa depan?

Perjalanan Investasimu Dimulai Sekarang

logo
ojk
ojk

Newsletter

Segarkan wawasan investasi Anda setiap harinya
dengan berita-berita financial dari newsletter kami.

© 2024 PT Invesnow Principal Optima