Indonesia Menjauhi Resesi, AS Mendekati Resesi

28 Sep 2022

Updates

Indonesia Menjauhi Resesi, AS Mendekati Resesi

Domestik

Kabar bahagia dari Indonesia, yang membuat investor sumringah karena dipastikan Indonesia jauh dari resesi. Usaha yang dilakukan Ibu Menteri Keuangan kita beserta tim nya, membuat Ekonomi Indonesia pada kuartal III-2022 diperkirakan bisa mencapai 5.6- 6%. Capaian ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan posisi dua kuartal sebelumnya.

Pendorong ekonomi Indonesia mampu melesat salah satunya adalah ekspor. Nilai ekspor Indonesia pada periode itu berhasil tumbuh 30.15% secara year on year (yoy) mencapai US$ 27.91 miliar. Neraca perdagangan pada Agustus surplus US$ 5.76 miliar.

Walau jauh dari resesi, Pemerintah Indonesia, harus terus mengantisipasi dinamika ekonomi yang terjadi dan apa dampaknya bagi dalam negeri seperti komoditas energi dan pangan. 

Selain itu neraca pembayaran Indonesia harus kuat, Trade account kita bagus. Kita harus melihat capital account kita mendapatkan itu tekanan dari interest rate yang naik.

Internasional

Investor AS masih menunggu beberapa data yang akan rilis seperti Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) AS untuk periode September 2022, data pesanan barang tahan lama, dan harga rumah AS. Investor juga masih khawatir hawkish The Fed dalam misi penyelamatan inflai justru menjadi bumerang bagi perekonomian AS dan AS jadi resesi. 

Pound Inggris sedikit rebound setelah jatuh ke rekor terendah terhadap dolar awal pekan ini. Sterling diperdagangkan lebih dari 1% lebih tinggi US$ 1.087 per dolar setelah mencapai titik terendah sepanjang masa di US$ 1.0382.

Investor Asia masih wait and see menunggu sinyal dan indikator yang jelas dan terang atas perkembangan ekonomi global dan domestik. 

Perlambatan Ekonomi China akan melambat tajam apabila laju ekonomi dan Asia Timur Pasifik juga melambat. 

Download selengkapnya Daily Update dan Kinerja Reksa Dana di sini

floating-whatsapp

Alamat Baru Invesnow

Sequis Tower Lt. 18 Unit 2A, 3, dan 5A
Jl. Jend. Sudirman No. 71
Kel. Senayan, Kec. Kebayoran Baru
Jakarta 12190
telp: 021 - 50924098

Siap untuk menumbuhkan
uang di masa depan?

Perjalanan Investasimu Dimulai Sekarang

logo
ojk
ojk

Newsletter

Segarkan wawasan investasi Anda setiap harinya
dengan berita-berita financial dari newsletter kami.

© 2024 PT Invesnow Principal Optima