Ekonomi China Berangsur Pulih, Investor Masih Wait and See

29 Jun 2022

Updates

Ekonomi China Berangsur Pulih, Investor Masih Wait and See

Domestik


Kemarin IHSG terkoreksi 19.59 poin atau 0.28% ke level 6.996.456 pada penutupan perdagangan. Investor asing mencatat net sell sebesar Rp 1.49 triliun pada perdagangan Selasa di seluruh pasar. Saat ini investor masih wait and see melihat beberapa keputusan Presiden Bank Sentral Eropa (ECB), Lagarde, Gubernur Bank of England (BoE), Bailey dan Kepala The Fed, Powell pada Rabu malam (29/6) WIB.


Melansir data Refinitiv, rupiah dibuka melemah 0.14% ke Rp 14.820/US$ dan di penutupan kembali melemah di Rp 14.835/US$. Pelemahannya tercatat sebesar 0.24%.


Harga mayoritas obligasi pemerintah atau Surat Berharga Negara (SBN) ditutup menguat pada perdagangan Selasa (28/6/2022).


Internasional


China menyatakan bahwa sedang kembali membangun ekonomi ke jalur yang benar atau pemulihan walaupun pondasinya belum kokoh. 


Tingkat pengangguran China yang disurvei di 31 kota besar naik menjadi 6.9%, rekor tertinggi. Beberapa ekonom memperkirakan lapangan pekerjaan akan memburuk sebelum menjadi lebih baik akibat jumlah lulusan yang memasuki dunia kerja di musim panas.


Selain itu kepulihan China juga ditandai dengan harga nikel dunia yang menguat didukung pelonggaran kebijakan lockdown. China adalah konsumen nikel terbesar di dunia, mencapai 1.31 juta ton.


Kebijakan moneter China akan terus akomodatif untuk mendukung pemulihan ekonomi, kebijakan tersebut untuk menopang ekonominya. Para analis mengatakan target pertumbuhan 5.5% akan sulit dicapai jika China tetap dengan strategi pengendalian nol-Covid yang mahal.


Dalam KTT NATO negara yang tergabung dalam aliansi bersepakat untuk mendukung Ukraina dalam menghadapi serangan dari Rusia. Rusia disebut-sebut telah menempatkan beberapa rudal berkemampuan nuklir jenis Iskander dekat dengan negara-negara Eropa.


Download selengkapnya Daily Update dan Kinerja Reksa Dana di sini

floating-whatsapp

Siap untuk menumbuhkan
uang di masa depan?

Perjalanan Investasimu Dimulai Sekarang

logo ojk

Newsletter

Segarkan wawasan investasi Anda setiap harinya
dengan berita-berita financial dari newsletter kami.

© 2022 PT Invesnow Principal Optima