China Taiwan Memanas, Ekspor Impor Disana Ditangguhkan

04 Aug 2022

Updates

China Taiwan Memanas, Ekspor Impor Disana Ditangguhkan

Domestik


IHSG berhasil menutup perdagangan Rabu (03/08) di zona hijau dan menguat 0.84% ke level 7.046. Investor asing masih mencatatkan aksi beli bersih (net buy) senilai Rp 755.35 miliar di pasar reguler.


Data PMI Manufaktur Indonesia yang bertumbuh diangka 51.3 menumbuhkan optimisme investor akan outlook ekonomi Indonesia yang solid ke depannya. 


Perseteruan China vs AS membuat Rupiah mengalami tekanan. Biaya pembangunan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCKB) membengkak dari rencana awal. Untuk menutupi kekurangan dana tersebut, Indonesia sebagai salah satu pemilik proyek akan mengambil pinjaman.


Saat ini antrian Initial Public Offering (IPO) mengular. Akan tetapi nilai emisi beberapa calon perusahaan tercatat ini masih kecil, dibawah Rp 100 miliar.


Internasional


Sepertinya pasar agak bisa bernapas lega karena beberapa ekonom di AS memperkirakan The Fed akan melonggarkan kebijakan dimana AS sudah mulai strategi pengendalian inflasi. 


Kunjungan Ketua DPR AS membuat hubungan China dan Taiwan kembali memanas. China menganggap ini adalah aksi provokasi besar, meluncukan peringatan dengan aksi yang lebih keras. 


Permasalahan China dan Taiwan berakar dari China tidak mengakui kedaulatan Taiwan sebagai sebuah negara. Taiwan, menurut China adalah salah satu dari provinsi mereka. Tanggapan China saat Pelosi datang ke Taiwan adalah melakukan operasi militer dengan tembakan langsung dan pembatasan perdagangan seperti impor buah dan ikan dari Taiwan. 


Senin, Kementerian Perdagangan China juga menangguhkan ekspor pasir alam ke Taiwan. Pasir alam umumnya digunakan untuk memproduksi beton dan aspal, di mana sebagian besar di Taiwan berasal dari China. Biaya impor gas alam jerman naik 160% dibandingkan tahun sebelumnya.


Download selengkapnya Daily Update dan Kinerja Reksa Dana di sini

floating-whatsapp

Siap untuk menumbuhkan
uang di masa depan?

Perjalanan Investasimu Dimulai Sekarang

logo ojk

Newsletter

Segarkan wawasan investasi Anda setiap harinya
dengan berita-berita financial dari newsletter kami.

© 2022 PT Invesnow Principal Optima