Banyak Negara Kasih Sinyal “Peringatan Dini”, Penerimaan Indonesia Meningkat Drastis

22 Jun 2022

Updates

Banyak Negara Kasih Sinyal “Peringatan Dini”, Penerimaan Indonesia Meningkat Drastis

Domestik


Dalam UI International Conference on G20, Menteri Keuangan kita, Ibu Sri Mulyani mengatakan, saat ini setidaknya ada 60 negara yang sedang dalam posisi rentan baik itu dari sisi pangan, ekonomi, dan krisis energi. Pasalnya seperti bertubi, pandemi Covid 19, disusul perang Rusia Ukraina, dan inflasi AS sehingga kebijakan moneter diperketat membuat banyak negara tidak mampu menahan rasio hutang terhadap PDB mereka masing-masing. Hebatnya, Indonesia masih tergolong kuat menghadapi polemik, kasus Covid 19 tertangani dengan baik, pemulihan perekonomian dan Indonesia banyak diuntungkan dari kenaikan harga komoditas International sehingga penerimaan negara meningkat drastis. 


Sementara itu Menteri BUMN mengatakan hingga 2030 ekonomi digital Indonesia diperkirakan tumbuh 8 kali lebih cepat dibandingkan APBN yang hanya bertumbuh 1.5 kali.


Hari ini Asing mencatatkan netsell Rp 355 miliar di pasar reguler, namun IHSG terlihat tak ambil pusing dan tetap ditutup hijau 0.97% ke 7.044,07.


Internasional


Dampak perang Rusia Ukraina semakin meradang. Banyak negara di Eropa yang menyerukan peringatan dini dan menyatakan negaranya akan terancam resesi apabila tidak menerima pasokan dari Rusia. Salah satunya adalah Jerman. Jerman adalah negara yang bergantung gas dari Rusia, namun kini pasokan ke Jerman hanya bekerja dengan kapasitas 40%.


Gubernur bank sentral Australia (Reserve Bank of Australia/RBA) memprediksi inflasi Australia mencapai 7% di akhir tahun. Akhir bulan ini RBA akan menaikan suku bunga 50 basis poin menjadi 0.85%. 


The Fed menurunkan outlook pertumbuhan ekonomi 2022 jadi 1.7% yang sebelumnya 2.8%.


Berbeda dengan negeri asal Panda, Bank Sentral China (People Bank of China/PBoC) justru kembali mempertahankan suku bunga loan prime rate tenor 1 tahun sebesar di 3.7% dan tenor 5 tahun masih di 4.45%.


Download selengkapnya Daily Update dan Kinerja Reksa Dana di sini

floating-whatsapp

Siap untuk menumbuhkan
uang di masa depan?

Perjalanan Investasimu Dimulai Sekarang

logo ojk

Newsletter

Segarkan wawasan investasi Anda setiap harinya
dengan berita-berita financial dari newsletter kami.

© 2022 PT Invesnow Principal Optima